INSTALASI LIMBAH: ECOGREEN OLEOCHEMICAL BATAM Olah Limbah Jadi Pupuk & Lilin

Image

BISNIS-KEPRI.COM, BATAM–PT Ecogreen Oleochemical Batam berencana membangun instalasi pengolahan limbah cair sawit yang bisa mengubah limbah menjadi media tanam dan bahan pembuatan lilin serta sabun batangan.

Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah Kota Batam Dendi Poernomo mengatakan rencana tersebut berpeluang direalisasikan selama pihak Kementerian Lingkungan Hidup mengeluarkan izin untuk realisasi pembangunan instalasi itu.

 “Ecogreen memang berencana membangun instalasi limbah sawit untuk semacam media tanam kaitannya dengan unsur organik limbah sawit. Hal itu baru dibahas,  untuk media tanam dan bahan lilin sudah disetujui Kementerian,” kata dia, Selasa.

Menurut Dendi, turunan limbah cair sawit dari industri pengolahan milik Ecogreen bisa dimanfaatkan secara optimal. Unsur organik limbah cair sawit setelah pengolahan bisa dimanfaatkan untuk media tanam untuk penggunaan penanaman tanaman baru. Namun, lanjutnya, penggunaannya hanya bisa digunakan untuk tanaman hias bukan tanaman produksi.

Adapun hasil pengolahan limbah cair sawit dalam bentuk minyak dari sisa industri pengolahan bisa dimanfaatkan untuk bahan pembuatan sabun batangan. “Kami minta digunakan untuk tanaman pertamanan bukan untuk tanaman produksi karena belum tahu efeknya ke tanam produksi. Limbah ini golongannya lebih advance lagi. Selain itu bisa untuk bahan buat lilin dan sabun,” sambung dia. Namun dia menambahkan pihak Kementerian LH belum memberi izin untuk pengolahan air limbah sawit dari hasil pemisahan dengan unsur lumpur limbah.

Hal itu karena kandungan lumpur tersebut masih membawa unsur logam berat yang masuk golongan limbah B3.

“Ecogreen memiliki hasil limbah itu semua, yang belum disetujui dari limbah pengolahan airnya, masih ada logam B3-nya,” tuturnya. Pemerintah Daerah, lanjutnya, akan mendukung rencana tersebut mengingat pengolahan tersebut cukup prospektif dan selama pihak Kementerian LH memberi izin.

Adapun berdasarkan data Bapedalda Kota Batam, PT Ecogreen Oleochemical menghasilkan sebanyak 12 ton limbah cair sawit dari hasil pengolahan industri milik perusahaan yang bergerak di bidang olekimia berbahan dasar minyak nabati tersebut.

(sumber : Bisnis-Kepri.com)

This entry was posted in Agoindustri, Umum and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s