Larangan-Larangan Dalam Berdoa

Di antara hal yang paling dilarang bagi seorang hamba ketika berdoa adalah sebagai berikut :

Hendaknya ia tidak terburu-buru mengharapkan pengabulan doanya dan menganggap pengabulan doanya lambat, maka ia pun merasa sedih dan kemudian meninggalkan doa. Ia laksana orang yang menabur benih atau pun menanam sebuah tanaman, lantas ia menyirami dan merawatnya. Akan tetapi, ketika ia menganggap pertumbuhan benih dan tumbuhan yang ditanam itu lambat, ia pun meninggalkan dan membuatnya terbengkalai.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda, ‘ setiap doa kalian pasti dikabulkan sepanjang tidak terburu-buru hingga kalian berkata, ‘ Kami telah berdoa, tetapi tidak dikabulkan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Abu Hurairah juga meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda,” Setiap doa yang dipanjatkan seorang hamba, pasti dikabulkan sepanjang ia tidak berdoa untuk keburukan ataupun memutus silaturahim, serta sepanjang ia tidak terburu-buru.” Lalu, ditanyakan kepada beliau, ‘ Wahai Rasulullah, apa maksud terburu-buru? ‘ 

Beliau bersabda, ” Seseorang berkata, ‘ Aku telah berdoa, tetapi aku tidak melihat doaku dikabulkan, ‘ maka ia pun merasa bersedih dan meninggalkan doa.” (HR. Muslim).

Dikutip dari : Mahmud Al-Mishri (Jika Pagi Datang, Jangan Tunggu Hingga Sore Hari)

This entry was posted in Islamic and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s